MINAT REMAJA KRISTEN TERHADAP KONTEN ROHANI DI FACEBOOK

Authors

  • Desi Yunisartika Liise Sekolah Tinggi Teologi Star’s Lub Luwuk Banggai
  • Liance Yuan Sekolah Tinggi Teologi Star’s Lub Luwuk Banggai

DOI:

https://doi.org/10.35909/jyd.v2i2.198

Keywords:

remaja, konten rohani, facebook, interaksi, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat remaja terhadap konten rohani di Facebook, khususnya terkait frekuensi penggunaan, jenis konten yang disukai, dan tingkat interaksi. Hasil menunjukkan bahwa remaja cenderung tidak sering mengakses konten rohani secara rutin dan lebih menyukai konten dalam bentuk video khotbah serta gambar atau meme daripada artikel panjang. Meskipun motivasi utama mereka bukan untuk pendalaman iman, konten rohani memberikan inspirasi positif bagi sebagian besar responden. Namun, tingkat interaksi aktif seperti memberi like, komentar, atau berbagi konten relatif rendah. Faktor yang paling menarik perhatian remaja adalah penyajian konten yang menarik, bahasa yang mudah dipahami, serta relevansi konten dalam menjawab pertanyaan keagamaan. Temuan ini menekankan pentingnya penyajian konten yang sesuai dengan preferensi remaja untuk meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten rohani di media sosial.

References

Ananda, Rusydi, and Fitri Hayati. 2020. Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. CV. Pusdikra MJ.

Anatasya, Ervina, Linda Cibya Rahmawati, and Yusuf Tri Herlambang. 2024. “Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Penggunaan Internet Pada Anak.” Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 2, no. 1: hlm 234. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.531.

Bheka, T, and E Tarihoran. 2024. “Membangun Komunitas Iman Melalui Media Sosial Dengan Menggunakan Platfrom Yang Menarik.” Jurnal Magistra 2, no. 2: 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.62200/magistra.v2i2.101.

Dwilestari, Anastasia, and Agustinus Wisnu Dewantara. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK BAGI KEHIDUPAN ROHANI MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 19, no. 2: 28–43. https://doi.org/10.34150/jpak.v19i2.226.

Ena, Zet, and Sirda H Djami. 2021. “Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota.” Among Makarti 13, no. 2: 68–77. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198.

Erwin, Erwin, R R Roosita Cindrakasih, Afrina Sari, Hita Hita, Yoseb Boari, Loso Judijanto, and Andi Caezar To Tadampali. 2024. Pemasaran Digital: Teori Dan Implementasi. PT. Green Pustaka Indonesia.

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda, and Hetty Krisnani. 2021. “PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme.” Share : Social Work Journal 10, no. 2: 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443.

Herdiyani, Sankist, Cecep Safa’atul Barkah, Lina Auliana, and Iwan Sukoco. 2022. “Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review.” Jurnal Administrasi Bisnis 18, no. 2: 103–21. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121.

Hidi, Suzanne E., and K. Ann Renninger. 2019. “Interest Development and Its Relation to Curiosity: Needed Neuroscientific Research.” Educational Psychology Review 31, no. 4 (December): 833–52. https://doi.org/10.1007/S10648-019-09491-3/METRICS.

Jakaria, Alo. 2023. “Efektifitas Media Sosial Sebagai Media Pengajaran Iman Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 1, no. 2: 64–81. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i2.248.

Krisnawati, Ester. 2016. “Perilaku Konsumsi Media Oleh Kalangan Remaja Dalam Pencarian Informasi (Studi Kasus Perilaku Remaja Di Kota Salatiga Dalam Penggunaan Media Dalam Perspektif Teori Ketergantungan Media).” Jurnal Ilmiah Komunikasi (KOMUNIKATIF) 5, no. 1: 43–69. https://doi.org/10.33508/jk.v5i1.923.

Lumban Gaol, Rumondang, and Resmi Hutasoit. 2021. “Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 7, no. 1: 146–72. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.284.

Madjid, Arlina, and Rahma D O Subuh. 2019. “Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun.” ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan Dan Kesejahteraan VI, no. 2: 199–213. https://doi.org/doi.org/10.33387/etnohistori.v6i2.2429.

Nasution, Awal Kurnia Putra. 2020. “Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan 13, no. 1: 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277.

Nugraeni, Amelia. 2024. “Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda.” Jurnal Inovasi Dan Tren 2, no. 1: 142–47. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247.

Pea, Putri Sifra G. 2024. “Peran Gereja Untuk Menjaga Etika Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok.” MAGENANG: Jurnal Teologi Dan … 5, no. April: 46–55. https://doi.org/10.51667/mjtpk.v5i1.1612.

Putra Perssela, Rangga, Rajab Mahendra, and Winda Rahmadianti. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2, no. 3: 650–56. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4525.

Rudding, Risdayana, Femi Yanti Ramme, Delly Itania Ruben, and Sriweni Antika Masarrang. 2023. “TEKNOLOGI DAN HIDUP KUDUS: Bagaimana Generasi Z Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Dalam Era Digital.” Jurnal Kajian Pendidikan 1, no. 1: 14–25.

Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi.” Cakrawala-Jurnal Humaniora 16, no. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1283.

Simon, Christophe. 2024. “Remaja Makin ‘Punah’ Dari Facebook.” CNN Indonesia. 2024. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240401104243-185-1081170/remaja-makin-punah-dari-facebook.

Sitompul, Netty Tesa Yolanika. 2024. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Karakter Pemuda Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 1: 42–59. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2344.

Sugiyono, Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif.” Bandung: Alfabeta.

Tale, Densa, Elentika, Gilbert Agryan Dwinata, Yetri Pani Sambalangi, and Monica Dei. 2024. “Tinjauan Pustaka Pengaruh Teknologi Dan Media Sosial Terhadap Spritualitas Umat Kristen.” HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial Dan Bisnis 2, no. 1: 33–41.

Downloads

Published

30-09-2024

How to Cite

Liise, D. Y. ., & Yuan, L. . (2024). MINAT REMAJA KRISTEN TERHADAP KONTEN ROHANI DI FACEBOOK. YONG DEI : JURNAL MAHASISWA STT STAR’S LUB, 2(2), 192–205. https://doi.org/10.35909/jyd.v2i2.198

Issue

Section

Artikel Riset